Jumat, 26 Juni 2009

Tips n Trik Mencari Informasi di Internet

Banyak informasi di internet

, mungkin kata itu memang tepat, karena di internet segudang data informasi telah tersedia, tapi untuk menemukan data yang diinginkan tidaklah mudah, meski telah tersedia mesin pencari seperti Google atau Yahoo.

Berburu data yang diinginkan di internet memanglah gampang – gampang susah. Disinilah kita di tuntut untuk lebih kreatif dalam menentukan keyword yang dimasukan kedalam box mesin pencari. Jika keyword yang dimasukan sangat umum, makan akan ditampilkan oleh mesin pencari secara luas juga, bahkan cenderung tidak focus dengan data yang kita inginkan.

Coba saja ambil contoh, kita ingin mencari majalah yang dikemas dalam bentuk file PDF. Bisa dibayangkan tidak, keyword apa yang akan dimasukan kedalam kotak mesin pencari tersebut ? Secara gampang – gampangan mungkin kita akan memasukan kata dari nama majalah tersebut, lalu apa yang muncul? Apakah sesuai dengan keinginan kita?

Kebanyakan yang ditampilkan oleh mesin pencari tadi adalah alamat situs dari majalah tersebut, atau bahkan beberapa blog yang mengutip artikel dari majalah tersebut. Dari situ, sebagian user perlahan – lahan menelusuri satu persatu link yang ditampilkan oleh mesin pencari tadi. Tentu saja itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan bias dipastikan, dalam 2 jam, kamu akan duduk tanpa hasil yang memuaskan.

Memang ada seni tersendiri dalam mencari data yang diinginkan dengan mesin pencari. Contoh lain adalah saat kamu ingin mencari file mp3. Keyword apa yang akan dimasukan kedalam kotak mesin pencari? Bila kamu memasukan judul dari lagu tadi, maka dijamin yang muncul bukan link dari file mp3 tadi, tapi kutipan dan informasi tentang lagu tersebut.

Apalagi sejak ditutupnya fasilitas napster yang kondang dengan system pertukaran file mp3 nya di tutup. Sedikit banyak mempengaruhi beberapa situs yang memberikan layanan download file mp3 gratis menjadi berkurang. Nah, untuk mencari file mp3 memang banyak triknya, meski menggunakan fasilitas google.

Sedikit bayangan bagaimana kita bias pass membidik data – data yang diinginkan agar tidak melebar dari criteria yang kita inginkan. Kunci dari pencarian tersebut adalah dengan memberikan sedikit script kedalam kotak pencari tersebut.

Bila kamu ingin mencari file dengan format tertentu, misalnya PDF (karena kebanyakan file majalah gratis menggunakan format PDF). Kamu bisa memanfaatkan mesin pencari. Dan salah satu mesin pencari yang digunakan sebagai contoh kali ini adalah Google.

Berikut langkah – langkahnya :

1. Buka aplikasi browser, dan buka alamat mesin pencari Google ( www.google.com )

2. Kemudian, masukan query pada search box (kotak mesin pencari).
Perhatikan perintah yang dimasukan kedalam search box. ?intitle:index.of? [jenis file] [judul majalah/buku/lagu] Tapi kamu bisa menghilangkan masukan judul majalah. Jadi perintah pencarian yang dimasukan ke search box hanya ?intitle:index.of? pdf saja. Kamu juga bisa hanya memasukan nama majalah saja. Misalnya ingin mencari majalah smart computing. Tambahkan kata smart computing dibelakang query tadi, jadi ?intitle:index.of PDF smart computing.

3. Setelah kamu mendapatkan hasil dari pencarian tadi, kamu bisa melihat link – link yang dihasilkan mesin pencari tersebut. Disini kamu harus jeli menentukan link mana yang berisi file PDF. Karena akan masih ditampilkan hasil yang ternyata tidak menyertakan file PDF didalamnya.

4. Selanjutnya kemu bisa mengklik kanan salah satu dari file tadi dan memilih Save As Target. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai proses download selesai.

Metode ini ternyata sangat ampuh untuk memfokuskan kita dalam mencari file yang diinginkan. Sekarang kamu bisa langsung mencobanya dan selamat berburu file di internet.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
 
The current mood of v2ni2 at www.imood.com